Friday, 25 March 2011

Cerita seorang Anak Teknologi Bioproses 2009

Sebelum membaca, penulis memohon ampuuuuun kepada pihak2 yg disebutkan dalam tulisan ini, bukan bermaksud gimana tp bermaksud untuk terbuka dalam bermenye-menye, ahaha... Selamat menikmati :-*


Pada dahulu kala saya tak menyangka bisa masuk UI, apalagi di Fakultas Tekniknya.. Inilah yg mungkin membuat saya sedikit bangga... Departemen Teknik Kimia, Program Studi Teknologi Bioproses, Fakultas Teknik Universitas Indonesia...



Mungkin masih banyak teman2 kita yg Di Indonesia tidak mengerti dan tidak tahu apakah itu Teknologi Bioproses itu, dan banyak yg menyangka kita adalah mahasiswa yg berada di jurusan ecek-ecek... Apakah itu benar kawan?? Jangan malu dan jangan menutupi takdir kita berada di jurusan dimana lulusan paling dicari ke 3 di dunia kerja luar negeri... Mungkin kita tak dikenal di Indonesia, namun kita sangat dinanti oleh para pihak Internasional, percayalah...

Sebelumnya jika kalian masih bingung apa si Teknologi Bioproses itu, kalian bisa lihat di tulisan saya sebelumnya di Teknologi Bioproses yg saya sarikan dari Bung Kenny Lischer :)

Prakata

Sudah hampir empat semester kita lalui bersama, banyak cerita, banyak tawa, banyak kesedihan dan banyak keglauan kita lalui besama.. 1 tahun 7 bulan adalah waktu yang cukup untuk menganggap kalian sebagai saudaraku, keluargaku, klaianlah yang akan mengisi hidupku dimasa ini dan masa yg akan datang... Senang bisa mengenal kalian, rasanya semua begitu sempurna saat semua ada kalian :)

Prestasi
 
Sudah hampir empat semester tanpa prestasi mungkin bagaikan kita beli makan diwarteg tanpa dibei minuman gratis... Dari segi prestasi akademik Internal, hanya Teknologi Bioproses 2009 yg mampu selama 2 semester berturut-turut ada yg mendapatkan IP EMPAT!!! Ya, selamat buat Iqbal serta Rena.. Yang lain gmn nih?? Tenang, masih banyak kok dari kita yg terancam cumloude, hehe... Bagaimana dengan saya sendiri?? Terlena dengan semester 1 dan 2 membuat IPK saya jauh dari mereka, walaupun masih bersyukur masih diatas 3, huhu...



Itu baru prestasi akademik di lingkup Internal, masih banyak lagi prestasi di luar... Iqbal, Fido, Haafizh, Rinus  (2008),Kenny  (2008) dan beberapa lagi saya lupa adalah juara2 Nasional di berbagai ajang karya tulis ilmiah dan penelitian seperti lomba NALCO di ITB, lomba karya tulis ilmiah di IPB dan masih banyak lagi... Ya inilah yg menunjukkan kita sangat ahli dibidangnya, krena kita pioneer, karena kita yg pertama di Indonesia, mari kita rubah Dunia dengan energi yg ramah lingkungan!!! Ya, untuk saudara kami (Teknik Kimia 2009) bisa dibilang kalah jauh nih, hehe...



Dari segi non-akademik misalnya... Kebanyakan dari kita merupakan aktivis "diluar" aktivitas Departemen, rata2 dari kita justru memandang jauh ke luar untuk mencari pengalaman yg lebih luas dalam berorganisasi dan banyak dari kita yg sudah merasakan jd PO even besar macam Bagas PO Narration 2011, Saya PO GCUI in Charity 2011, Khalida PO MAP FTUI 2011, Kemas  PO tafakur Alam 2010, Fido PO Tematik 2010, Ikhsan PO PSB Genap 2010, Abod PO Makrab 2009 dan masih banyak lagi... Inilah yg menyebabkan salah satu Dosen tercinta kita Bu Anti pernah berkata, "Kalian boleh aktif dimana-mana, tapi tolong jangan lupakan akademik kalian"... Suatu keambiguan besar dari apa yg telah beliau ucapkan... Kita memang banyak yg menjadi aktivis di lingkup luas, tapi untuk masalah akademik kami jg tidak kalah mentereng, mungkin saja hanya kita kalah dari segi rata2 nilai dari saudara sebelah kita.. Namun itu bukan halangan, bukan rintangan, bahkan itu adalah sebuah pemicu kita untuk lebih baik lagi...

Day of Day

Hampir empat semester bersama, sekitar 570 hari telah kita lalui bersama...  Baik didalam kelas maupun diluar kelas... Semester empat ini, hampir semua kelas Tebi 09 (Teknologi Bioproses 2009) merupakan kelas jurusan atau bisa dibilang akan bertemu "lagi2" dengan keluarga saya itu, huhu... Bosan memang, tp saya senang dengan sering bertemu, saya merasakan tali persaudaraan diantara kita yg semakin erat.. Bahkan banyak diantara kita sudah tidak malu lagi menunjukkan kegalauan, kelabilan dan ke-alay-an, haha... Banyak orang menilai mahasiswa UI individualis, y memang individualis di beberapa fakultas atau jurusan lain... Namun itu tak berlaku di Tebi 09, ini sangat berbeda dari penilaian orang2 itu, sangat berbeda dengan apa yg ada di sinetron... Kekeluargaan kita begitu terjaga...

Jika sedang PBL macam kelas Bu Anti?? Pastilah ancaman terbesar kita adalah LTM dan makalah, tp inilah letak kenikmatan PBL ala Bu Anti, wlaupun banyak yg merasa ini kurang efektif, namun dengan sistem ini saya merasakan adanya keharusan kita untuk belajar dan mencari ilmu yg jauh lebih luas... Satu kelompok sama  IjahEgi dan Khalida?? Jangan harp deh kalian mau diam seribu bahasa, pasti kalian akan digoyang dengan kekocakan mereka, inilah orang2 yg sangat dibutuhkan dalam menghidupkan suasana kelas... Klo kelompok ada fido?? Dijamin aman deh peta konsepnya dan makalah dijamin berwarna, ahaha...


Dan yg paling menarik dikelas kita adalah dimana orang jawa menguasai bahasa resmi, walaupun banyak tertawa karena logat "Ngapak dan Medok" yg begitu lucu dan aneh, kami tetep asik2 aja tuh, bahkan banyak yg minta diajarin tuh sama bahasa gahoooeeeel jawa, ahaha... Ya, angat berbeda dengan jurusan lain, saya merasakan toleransi yg sangat tinggi ada di dalam jiwa kalian, semangat kebersamaan tanpa melihat adanya perbedaan :)

Tuan Rumah Piala Dunia 2002 Korea dan Jepang

Tak heran jika akhir2 ini banyak para wanita bahkan pria juga yg menyukai bahkan hingga tergila2 dengan artis2 dr negara tuan rumah piala dunia 2002 itu... Ini dibuktikan oleh Ayu, dimana dia begitu rela merogok kocek dalam demi melihan konser salah satu artis idolanya.. Ya, sebuah semangat dan pengorbanan yg sangat perlu di apresiasi :p
Ada juga macam Farah, Pijar, Yenni, Ivana dan Pipin yg tak kalah heboh.. Engga pembicaraan, engga lagu, engga background, engga engga apa aja boleh lah semuanya klo g korea y jepang, benar2 heran deh apa sih yg menarik dari artis2 itu, hehe...

Misteri
Kalian tau tingkah laku Sekar (mirip cici paramida) dan Ijah kan?? Ya, merekalah ratu menye-menye kita, haha... Pasti kalian bingung nih arti menye2 itu apa, cari aja di google, pasti ada kok, hehe.. Dibawah mereka ada kroni2nya seperti Firda (Mbok), Munna, Khalida (welas).. Kemenyean merekalah yg membuat kita sering terhibur karena tingkah laku yg konyol, inilah mengapa Tebi 09 mendapat julukan sebagai jurusan yg paling rame dan ceria :D

Ada jg yg suka dangdutan  macam Saya sendiri dan Chemi, ada yg jago kosidahan macam iqbal (PIONEER FTUI), maen game mulu macam Ridwan dan Ario, homo muka mesum macam Kapid, ups... Abod yg jarang masuk dan sering titip absen, haha...

Ada jg nih yg mirip artis macam Iqna si Enno Lerian,  Khalida si Mbak Welas dan Farida yg di gadang2kan sebagai pengganti Suketi, ahaha... Cukup kasihan memang mereka menjadi bulan2an bahan ledekan kami, namun dengan ledekan inilah saya menjadi merasa lebih dekat  dengan kalian dr waktu ke waktu...

Ada jg yg ribet macam Ariva dan Iqbal, ada yg matil abu2 macam fido, Ikhlas dan Vero... Khusus untuk Ariva sumpah y, udah matil, ribet pula, ahahaha.... Ikhlas jg dong, jgn maen sama senior mulu, ups...

Nah ini dia nih yg masih menjadi misteri sebagian besar anak Tebi 09, Ya namanya Tyo... Saya tidak akan menyalahkan siapa pun, tapi tolong lah kita semua berusaha dekat dengan dia agar dia jg merasa kita adalah keluarga barunya :')



Setelah kita membahas yg asik2, mari kita sedikit merenung... Ada upal (ukhti palsu) pasti ada usil (ukhti orisinil).. Ya, golongan usil macam Yora,  Maya, Pipit, Firda, dan Iif sangat dibutuhkan untuk menjernihkan pikiran kami yg penuh dengan mikroba... Asil (akhi orisinil) macam Haafizh (sekarang jd ketua IMTK lho), Adin, Yudha dan Andri cukup memberi kami pasokan pahala...

Ada juga nih si Ikhsan yg paling bernafsu nyari informasi rahasia dan yg paling mengesankan dari si Ikhsan ini mungkin dia selalu bersemangat untuk menjalankan tugas baik kuliah maupun organisasi, tugas bukan beban dipikirannya. Tp semoga walaupun dia jd humas IMTK rahasia kami jangan dibikin baliho yaaaa -______-

Oiya, masih ada vini, ipi, asa dan yuki yg nampaknya mereka jg cinlok di kafe unyuuu, haha... mereka kompak banget, belajar bareng, makan bareng, bikin sheet biomaterial bareng, atau bahkan nanti nikahnya jg bareng :p

Nah ada jg nih segerombolan teman belajar dimana personilnya adalah Rena, Vero, Ario, Dio, Tifani, Andrian dan Wiwin... Mereka selalu terlihat bersama baik berangkat, kuliah dan pulang.. Kompak deh mereka, mantab!!!

Ada juga komplotan main macam suko, akbar, indi, desi, latifani dan evi... Khususs untuk suko, dia itu maniak banget sama seminar dan yg berbau gratis2 gt, dan saya jg sudah terpengaruh, haha...


Teroris
Sedikit curhat nih, kalian pasti tau lah si Fajar yg bs dibilang sangat pendiem... Jujur aja, dulu saya pernah berpikir penampilannya Fajar mirip dengan teroris, pake topi, tertutup, pendiem, bawa tas besar... Ya, tinggal menunggu waktu bomnya meledak, haha... Dia itu memang pendiem, tp jgn salah klo udah maen sama si kemas, dani, kapid dan kiput... Maen kartu, sholat jumat di FE, makan siang di kantek/teksas... Y ternyata sang ketua kelas Kitik kita dulu itu idak sependiem yg kita kira... Orangnya super kocak dan asik deh pokoknya... Ada jg pepatah yg menyebutkan air tenang tanda itu dalam... Wah cocok tuh buat fajar, dia pendiem dan akademus jg mengagumkan, mau tau IPKnya??? Berhubung saya belum mengkonfirmasi fajar, jd saya blm bisa menyebutkan disini, ahahaha... 

Tapi cerita ini sedikit kurang klo belum menceritakan si chadom, tugas dan si lado hijau Alvin, hahaha... Mereka keluarga kami juga lhoo, tp sayang karena tuntutan g tau siapa mereka untuk sementara ini jauh dari kami... Jauh dimata tp tetep lah dekat dihati, unyuuuuu :-*


Jalur Masuk
Ini ada lagi laen cerita, beberapa dari kita ada yg menggolongkan kami berdasarkan jalur masuknya... Silahkan disimak y, ahaha...
PPKB = biasanya matil dan rajin
SIMAK = orangnya pintar2
UMB = biasanya logika mereka jalan tuh
SNMPTN = apakah saya perlu menyebutkan?? ahaha.. Biasanya tuh disini nih pusat kelabilan para Bio-Engineer, keberuntungan adalah hal yg paling kami nantikan :p
Dimanakah kalian berada ceman ceman?? Apakah sudah cocok dengan ramalan kami?? ahaha...



Saya bangga dengan Teknologi Bioproses 2009, Kita calon penyelamat Bumi!!!



Coming Soon :
  1. Desahan anak Narration 2011
  2. Jeritan Anak Kontrakan
  3. Derita Praktikum Departemen 

27 comments:

  1. wah"...udin salah besar nih, gw gak suka film india -_-

    ReplyDelete
  2. nice post gan!! saya semakin mensyukuri keberadaan saya di teknologi bioproses UI 2009 ini. Saya mensyukuri dulu tidak diberi kelabilan saat harus milih jurusan ini di form PPKB, walaupun arah angin sepertinya mendukung saya untuk ke fakultas sebelah sekolah dulu :P

    tapi kayaknya ada yg kurang?? ikhlas, akbar, abot, tyo.. hehe, mereka keluarga kita juga.. :D

    ReplyDelete
  3. ..and the best thing about me is you...TEKNOLOGI BIOPROSES UI 2009!!!

    sempat terpikir untuk berpindah ke lain hati,tapi keunyuan karakter diri kalian semua menarik hati ini ke dalam kubangan cinta kalian...wkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu bikinnya buru buru jadi agak ada yg tertinggal, hehe... tp tanpa mengkesampingkan mereka, teteap kita semua satu keluarga :D

      Delete
  4. pijar: y pokoknya sama kayak si farah lah :P

    latifani: ahaha, ini bikinnya keburu jd ada bberapa yg asal, ntr dibenerin kok biar lebih sipp :)

    iqbal: iya emang blm semua bal, nanti mau dibenerin lg.. tuh gara2 si welas ngeburu sholat jumat :D

    khalida: iya sama wel, dulu mau pindah ke lain hati jg :D

    ReplyDelete
  5. udiin hahahahhaaha mang gw menye menye yaa? dan sampe skrang gw ga tau tuh arti menye-menye apa, nice banget tulisannya, hohohohoooho maaciih udin

    ReplyDelete
  6. AduChH AkUuH MAtIl pO3T1H!

    ReplyDelete
  7. Wah saya dibawa-bawa. Masih bagus sih. Untung nggak dibilang maniak kemahasiswaan XD

    Great post, Udin! Yang begini nih yang bakal bikin kangen ke depan-depan. Tulis lebih banyak lagi dong tentang TB 2009 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah nanti deh di liburan ini lebih menceritakan biop di semster 5 kemaren, terutama memeti dan kisah cintanya, haha

      Delete
  8. udah ada tulisan baru far, walaupun hanya sepintas... Semster Lima, grab it fast guys

    ReplyDelete
  9. kak mau nanya nih, bioproses itu kalau suda lulus bisa jd apa? mohon infonya ya ka ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak, mirip kok sama lulusan chemical engineering. bisa dilihat dulu dilink di bawah untuk lebih jelasnya :)

      http://baharudintaufiq.blogspot.com/2012/02/teknologi-bioproses-universitas.html

      Delete
  10. Kalau teknik bioproses, lebih mendalami masalah apa ya kak?? thanks ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak, mirip kok sama lulusan chemical engineering. bisa dilihat dulu dilink di bawah untuk lebih jelasnya :)

      http://baharudintaufiq.blogspot.com/2012/02/teknologi-bioproses-universitas.html

      Delete
  11. Mau nanya nih Kak, di Tebi itu kajiannya lebih banyak biologi atau kimianya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih banyak kajian biokmia, lebih lengkapnya bs dilihat di daftar mata kuliah di link ini http://baharudintaufiq.blogspot.com/2012/02/teknologi-bioproses-universitas.html :)

      Delete
  12. teknologi bioproses itu S2nya ada gak ya? kalau mau meneruskan S2 ambil apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo S2nya Bioproses belum ada, tp rerata S2 masuk Teknik Kimia, atau mengambil pilihan seperti pada tabel dalam postingan yang ini http://baharudintaufiq.blogspot.com/2012/02/teknologi-bioproses-universitas.html :)

      Delete
  13. Kak, kalo mau masuk tebi nilai utama yang dilihat itu lebih ke kimia atau biologinya ? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua nilai IPA serta Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

      Delete
  14. Kak Udin skrg udah lulus belum? saya september nanti mulai mausk kuliah Tekkim, tapi S2. rencana peminatan ttg bioproses. biar bisa tanya2 dan jadi mahasiswa gelap masuk kuliah anak S1 untuk matkul tertentu hehehehe, mau memperdalam bioproses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jangan panggil kak dong, hehe. Alhamdulillah udah, besok tanggal 30 agustus wisuda. Oh, Saya ada teman ikut program fasttrack namanya Pijar Religia, bisa di search di fb. Dia S1 bioproses 2009 dan sedang ambil S2 bioproses juga. Mungkin bisa tanya banyak ke Dia :D

      Delete